Minggu, 22 April 2012

Pelatihan dan Lomba Menulis Esai Internal #1




Di era global ini  kemampuan menulis menjadi tolak ukur seseorang dalam kapabilitasnya untuk  bersaing.  Sehingga kemampuan menulis menjadi suatu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mencapai target ini.  Para cendikiawan muda (mahasiswa) diharap tidak hanya menjadi penerima ilmu tetapi juga  sebagai konstributor  ilmu. Perwujudan tindakan ini dapat dicapai dengan menulis. Hakikatnya menulis merupakan cara penyampaian informasi, ide,  ataupun gagasan kepada orang lain. Dalam penulisan ini menggambarkan suatu pesan yang disampaikan penulis sehingga dipahami oleh pembacanya.

 Namun,  menulis bukan menjadi perkara mudah dalam penerapannya karena tidak dalam waktu sebentar agar dapat memiliki kemampuan yang mencukupi dalam penulisan.  Dalam pencapaiannya dibutuhkan berulang kali pelatihan secara mandiri ataupun terorganisai seperti halnya pelatihan ini. Hal ini melatarbelakangi  diadakannya Pelatihan dan Lomba Penulisan Esai.

Adapun jenis –jenis  penulisan meliputi penulisan ilmiah, semi ilmiah, dan non ilmiah.  Salah satu contoh penulisan yang berkaitan dengan acara ini ialah Esai (Essay). Esai merupakan salah satu contoh penulisan ilmiah.  Penulisan Ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodolog penulisan yang baik dan benar. Sedangakan  esai (essay) adalah sepenggal tulisan yang sering ditulis dari sudut pandang pribadi si penulis. Esai dapat terdiri dari sejumlah elemen, termasuk: kritik sastra, manifesto politik, argumen, pengamatan kehidupan sehari-hari, rekoleksi, dan refleksi dari penulis.

Pelatihan dan Lomba Essay ini bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan peserta dalam bidang penulisan Essay. Selain itu kegiatan ini menjadi ajang   para peserta untuk mengekspresikan ide berupa gagasan kreatif dan inovatif dalam bidang penulisan.  Seperti sebuah ungkapan “Jinakkanlah keliaran idemu dengan menulisnya”.

Kegiatan ini diharapkan memberikan keluaran yang mengerti dan memahami penulisan ilmiah dalam bentuk Esai. Keluaran dari kegiatan ini diaharapakan mendapat gambaran terstruktur dan terperinci tentang penulisan ilmiah. Sehingga ekspektasi pemerintah dalam hal ini  DIKTI untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas Karya Ilmiah dengan penulisan jurnal bagi mahasiswa S1, S2, dan S3 dapat terlaksana.

Batas Pengumpulan esai  : Tanggal 3 Mei 2012
  


pedoman penulisan bisa didownload di link di bawah ini :


untuk contoh esai bisa di unduh di link ini


dan


untuk materi pelatihan esai bisa di unduh di



2 komentar:

  1. ayo rek,. ikut pelatihannya,. insyaallah bermanfaat.,

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum mbak, ada no. Hp nggak ? atau BBM atau Fb atau Google+ .. Saya mau bicara banyak mengenai Essai.. tapi jika mbak nggak keberatan. InsyaAllah baik.

    BalasHapus