Selasa, 19 November 2013

Diklat Karisma

UKM karisma merupakan suatu organisasi mahasiswa yang bergerak dibidang penalaran dan penelitian ilmiah. Melalui UKM ini diharapkan dapat menampung ide-ide dan pemikiran yang kreatif dari mahasiswa fakultas farmasi.UKM ini pula dapat menjadi wadah untuk menyalurkan minat mahasiwa fakultas farmasi di bidang tulis menulis khususnya karya ilmiah.
Dengan diadakan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) UKM Karisma bertujuan untuk menciptakan kader-kader yang berpotensi di bidang keilmiahan sekaligus merupakan syarat untuk menjadi anggota UKM karisma.
DIKLAT UKM  karisma dilaksanakan pada sabtu, 18 Mei 2013 dari pukul 06.30 sampai 13.00 WIB dengan diikuti oleh 40 peserta dari angkatan 2011 dan 2012 Fakultas Farmasi Universitas Jember. Acara dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan adanya sambutan dari ketua panitia, dan sambutan dari pembina UKM Karisma yang diwakilkan oleh pengurus UKM, karena beliau tidak dapat menghadiri acara tersebut
Acara inti dimulai pada pukul 07.30 dengan materi ide kreatif oleh Fifteen Aprila Fajrin, S.Farm., Apt., M.Farm. Materi ide kreatif tersebut sesuai dengan tema acara diklat yaitu “prestasimu berawal dari ide kreatifmu”  hal ini bertujuan agar peserta dapat memahami apa yang dimaksud ide kreatif itu dan dapat menyalurkan ide-ide kreatif dalam bentuk suatu karya. Materi pertama diakhiri dengan acara tanya jawab oleh peserta diklat dan penyerahan sertifikat kepada pemateri oleh ketua panitia.
Untuk mengurangi rasa bosan dengan materi, para peserta diberikan suatu outbound di sekitar fakultas kesehatan Universitas Jember. Para peserta dibagi menjadi 6 tim/kelompok. Tiap kelompok wajib memiliki 1 nama ilmiah suatu tumbuhan dan familinya yang sekaligus menjadi nama dari timnya. Dalam perjalanan mengelilingi fakultas-fakultas kesehatan, para peserta diberikan game-game seru. Game-game itu bertujuan melatih kerjasama dan kekompakan dalam suatu tim. Game tersebut antara lain :
Pos 1   : Mencari pemimpin
Pos 2   : Mesin manusia
Pos 3   : Menolong si buta
Pos 4   : Mesin jahit manusia
Pos 5   : Kereta terpanjang

            Materi selanjutnya adalah perwujudan ide kreatif. Dalam penyampaian materi, peserta sangat terlihat antusias oleh materi yang dijelaskan oleh pemateri. Hal ini terlihat ketika banyak pertanyaan yang disampaikan oleh peserta kepada pemateri.  Pada pukul 13.00 WIB acara diklat UKM Karisma ditutup dan disertai foto bersama. Dengan adanya diklat ini seluruh peserta diklat telah resmi menjadi anggota UKM Karisma.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar