Sabtu, 08 Desember 2012

Farmasi Goes to PIMNAS 2013

Serangkain Pelatihan Pembuatan Proposal PKM 5 bidang dan Sekolah PKM

Agustus 2012

Hari ke-1
Beberapa bulan yang lalu tepatnya bulan Agustus , UKM KARISMA mengadakan pelatihan penulisan PKM 5 bidang (PKM-K,PKM-M,PKM-P,PKM-KC,PKM-T). Pelatihan ini dilaksanakan dalam beberapa hari, untuk hari pertama peserta diberikan materi mengenai PKM dan jenis-jenisnya. Pembicara pada hari pertama ini adalah  Bapak Yuli Witono, beliau merupakan dosen sekaligus menjabat sebagai PD III Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember.

Pelatihan hari  pertama dihadiri oleh 44 peserta dari berbagai angkatan, mulai angkatan 2009 hingga 2012. Pada akhir acara ini, peserta di kelompokkan dalam beberapa kelompok untuk nantinya mengikuti sekolah PKM yang merupakan kelanjutan dari pelatihan ini. Untuk meningkatkan semangat para peserta dalam membuat Proposal PKM, UKM KARISMA memberikan penghargaan bagi 20 proposal pertama yaitu akan mendapatkan biaya pengganti pembuatan proposal.

Hari ke-2 dan ke-3 (Sekolah PKM)

Pelatihan pembuatan proposal PKM kemudian dilanjutkan secara intensif dengan tujuan agar para mahasiswa lebih memahami masing-masing jenis dari PKM tersebut. Pada hari ke-2, UKM KARISMA mengadakan pelatihan pembuatan proposal PKM-K dan PKM-M. Pembicara untuk pelatihan ini adalah dosen Fakultas FArmasi yaitu Ibu Siti Muslichah dan Bapak Yudi Wicaksono. Untuk hari ke-3 diadakan peltihan pembuatan proposal PKM-P yang diberikan oleh Ibu Endah dari bagian biologi farmasi.


Sekolah PKM ini merupakan kegiatan pertama yang diadakan di Fakultas Farmasi Universitas Jember, sehingga harapan dari KARISMA sendiri mahasiswa farmasi banyak yang berantusiasme untuk mengikutinya. Namun sangat disayangkan, peserta sekolah PKM tidak terlalu banyak dikarenakan kegiatan ini dilaksanakan saat hari aktif kuliah.

Kegiatan peltihan pembuatan proposal PKM dan sekolah PKM ini insyaallah akan dilaksanakan setiap tahunnya. Karena event PKM yang diadakan DIKTI  ini merupakan event yang paling populer di kalangan mahasiswa seluruh Indonesia. Event ini, nantinya akan dilanjutkan ke tingkat nasional yaitu PIMNAS dan disinilah para peserta dari seluruh Indonesia yang telah lolos monev akan berjuang untuk membawa nama almamaternya. Oleh karena itu, melalui UKM KARISMA ini,
Ayo kita sukseskan Farmasi Goes to PIMNAS 2013 !!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar