Selasa, 19 November 2013

TUNJUKKAN PEMIKIRAN KRITISMU DALAM KARYA TULIS ILMIAH

--Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Kritis 2013--
Mahasiswa merupakan tingkatan tertinggi dalam lingkup pelajar. Mereka tidak lagi hanya menerima ilmu layaknya siswa SMU, tetapi juga harus dapat menjadi kontributor ilmu dan memiliki kemampuan untuk memberikan sumbangsih terhadap pembangunan negara. Mahasiswa harus dapat menyumbangkan ide-ide kreatif mereka sebagai salah satu tolak ukur bahwa mereka mampu dan siap terjun di masyarakat. Salah satu jalan untuk mewujudkan hal itu adalah dengan menulis karya tulis ilmiah.
Pada hakikatnya menulis merupakan cara penyampaian informasi, ide, ataupun gagasan kepada orang lain dalam bentuk tertulis. Dalam penulisan ini menggambarkan suatu pesan yang disampaikan penulis sehingga mudah dipahami oleh pembacanya. Namun, menulis bukan menjadi hal yang mudah dalam penerapannya. Ada dua macam masalah utama dalam menulis. Pertama, ada keinginan menulis tetapi merasa sulit menemukan ide tulisan. Kedua, memiliki ide tetapi belum dapat menuangkannya kedalam sebuah tulisan karena belum memahami tatacara penulisan.
Dengan dasar tersebut, UKM Karya Riset Mahasiswa (KARISMA) Fakultas Farmasi Universitas Jember menyelenggarakan “Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Kritis 2013”. Pelatihan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 April 2013 ini diselenggarakan untuk menyambut Dies Natalis Fakultas Farmasi Universitas Jember yang ke-10 dan Kompetensi Pemikiran Kritis Mahasiswa yang diadakan oleh DIKTI. Kegiatan ini disambut positif oleh mahasiswa fakultas farmasi UJ dari berbagai angkatan yang ditandai dengan jumlah peserta yang mencapai 41 mahasiswa.
Acara pelatihan dimulai dengan registrasi peserta pada pukul 06.45 WIB. Setelah pemberian sambutan dari ketua panitia, ketua UKM KARISMA, perwakilan BEM, dan pembina UKM KARISMA, dimulailah materi pertama yang berjudul “Karya Tulis Ilmiah”. Para peserta terlihat serius menyimak materi tentang tatacara penulisan karya lmiah yang disampaikan oleh ibu Endah Puspitasari, S.Farm., Apt.,M.Sc. Pemaparan materi diakhiri dengan tanya jawab dan penyerahan sertifikat pemateri oleh ketua panitia.
Untuk menyegarkan suasana sebelum kembali mendapat materi, para peserta diajak berdiri sejenak untuk menikmati games yang disuguhkan oleh panitia.
Materi kedua disampaikan oleh bapak Dwi Koko Pratoko,S.Farm.,Apt. materi yang bartajuk “Berpikir Kritis Critical Thinking” ini dimulai dengan beberapa pertanyaan pembuka (pretest). Pertanyaan – pertanyaan ringan penuh makna seputar berpikir kritis inilah yang menjadi pintu gerbang menuju inti materi yang disampaikan. Setelah diberi waktu menjawab, peserta diajak mendiskusikan jawaban mereka. Tidak ada jawaban benar atau salah. Yang ada hanya sudah seberapa kritiskah peserta yang ada. Terdengar gelak tawa dari para peserta ketika mereka tahu jawaban sebenarnya dari pertanyaan tersebut. Suasana semakin meriah ketika memasuki materi karena pemateri dapat membawa peserta masuk ke dalam materi yang disampaikan. Tak terasa waktu 90 menit yang disediakan hampir selesai. Materi diakhiri dengan tanya jawab dan penyampaian sertifikat oleh koordinator divisi kaderisasi UKM KARISMA.
Pada pelatihan ini disampaikan pula mengenai mekanisme lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Kritis 2013 yang diadakan oleh UKM KARISMA bekerjasama dengan BEM FF UJ untuk menyambut Dies Natalis ke-10 Fakultas Farmasi UNEJ. Seluruh peserta pelatihan ini diharapkan dapat berpartisipasi mengikuti lomba tersebut.

Rangkaian kegiatan pelatihan penulisan KTI Mahasiswa Kritis 2013 ini berjalan dengan lancar dan ditutup pada pukul 12.45 WIB dengan penyerahan hadiah kepada pemenang games. (*)















Tidak ada komentar:

Posting Komentar